Jumat, 25 Agustus 2017

Segmentasi LAN

Segmentasi LAN

 Bila jaringan terpisah diperlukan atau jika jaringan telah mencapai keterbatasan fisik, segmentasi yang digunakan.Segmentasi LAN dapat memperpanjang jaringan, mengurangi kemacetan, mengisolasi masalah jaringan, dan meningkatkan keamanan.
Memperluas jaringan – Ketika keterbatasan fisik maksimum jaringan telah tercapai, router dapat ditambahkan untuk membuat segmen baru untuk memungkinkan host tambahan ke LAN.
Kemacetan – Karena jumlah host pada jaringan meningkat tunggal, bandwidth yang dibutuhkan juga meningkat.Dengan segmentasi LAN, Anda dapat mengurangi jumlah host per jaringan. Jika lalu lintas terdiri dari komunikasi antara host pada segmen yang sama, maka penggunaan bandwidth secara substansial berkurang.
Mengisolasi masalah jaringan – Dengan membagi jaringan menjadi segmen-segmen yang lebih kecil, Anda mengurangi limpahan masalah dari satu segmen ke yang berikutnya.Hardware dan software kegagalan adalah beberapa masalah yang dapat dikrangi untuk mempengaruhi porsi kecil dari jaringan.
Meningkatkan Keamanan – Dengan memanfaatkan segmen, seorang administrator jaringan dapat memastikan bahwa struktur internal dari jaringan tidak akan terlihat dari sumber luar.Paket istimewa hanya akan disiarkan di subnet itu berasal dari, bukan seluruh jaringan.
1.Segmentasi LAN menggunakan switch
 Switch adalah perangkat data link layer yang, seperti jembatan, memungkinkan beberapa segmen LAN fisik yang akan saling berhubungan menjadi sebuah jaringan yang lebih besar tunggal. Mirip dengan jembatan, switch ke depan dan lalu lintas banjir berdasarkan alamat MAC. Karena switching dilakukan di hardware bukan perangkat lunak, bagaimanapun, adalah signifikan lebih cepat. Switch menggunakan salah satu store-and-forward switching atau cut-through beralih ketika meneruskan lalu lintas.
     LAN switch dapat mengurangi kekurang bandwidth dan jaringan bottlenecks. Switch akan membagi LAN ke dalam microsegment yang mana mengurangi ukuran collision domain. Bagaimanapun semua host terhubung pada switch yang masih dalam broadcast domain yang sama.
2.Segmentasi LAN menggunakan jembatan(bridge)
 Istilah menjembatani mengacu pada teknologi di mana perangkat (dikenal sebagai jembatan) menghubungkan dua atau lebih segmen LAN. Sebuah jembatan mentransmisikan datagram dari satu segmen ke tujuan mereka di segmen lainnya.
Jembatan yang mampu menyaring frame didasarkan pada bidang Layer 2. A bridge,Sebuah jembatan, misalnya, dapat diprogram untuk menolak (tidak maju) semua frame bersumber dari jaringan tertentu. link-lapisan informasi sering kali berisi referensi ke sebuah protokol lapisan atas, jembatan biasanya dapat filter pada parameter ini. Selanjutnya, filter dapat membantu dalam menangani siaran yang tidak perlu dan paket multicast. Karena hanya persentase tertentu dari lalu lintas diteruskan, jembatan atau switch mengurangi lalu lintas yang dialami oleh perangkat pada semua segmen terhubung. Jembatan atau switch akan bertindak sebagai firewall untuk beberapa kesalahan jaringan yang berpotensi merusak, dan keduanya mengakomodasi komunikasi antara jumlah yang lebih besar dibanding perangkat akan didukung pada setiap LAN tunggal terhubung ke jembatan.
3.Segmentasi LAN menggunakan router 
Karena router menggunakan alamat layer 3, yang biasanya memiliki struktur, router dapat menggunakan teknik-teknik (seperti alamat summarization) untuk membangun jaringan yang menjaga kinerja dan responsif saat mereka tumbuh dalam ukuran. Segmen yang dihubungkan oleh router untuk mengaktifkan komunikasi antara LAN sementara memblokir jenis lain dari lalu lintas.Router juga memungkinkan untuk interkoneksi LAN yang berbeda dan teknologi WAN sementara juga menerapkan filter siaran dan firewall logis. Secara umum, jika Anda perlu maju layanan internetworking, seperti firewall siaran dan komunikasi antara LAN yang berbeda, router diperlukan.
Referensi :
http://ysalomoaprianto.blogspot.co.id
 http://nuqiaaa.blogspot.co.id/2017/08/segmentasi-lan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSTALASI KONFIG ACTIVE DIRECTORY

Dasar Teori :  Active Directory (AD) adalah layanan direktori yang dimiliki oleh sistem operasi jaringan Microsoft Windows Server (2000, ...